Kamis, 28 September 2017

Pemrograman Web

Assalamualaikum Wr. Wb
Disini saya akan membahas sedikit tentang pemrograman web, http dan terakhir yaitu postman, langsung saja ya😁


Pengertian Pemrograman Web

Pemrograman yang dalam bahasa English adalah programming dan diartikan proses, cara, perbuatan program (secara bahasa indonesia).

Definisi Web : jaringan komputer yang terdiri dari kumpulan situs internet yang menawarkan teks dan grafik dan suara dan sumber daya animasi melalui protokol transfer hypertext. (http://www.artikata.com/arti-201588-web.php).
Orang banyak mengenal web dengan istilah WWW (world wide web), World Wide Web adalah layanan internet yang paling populer saat ini internet mulai dikenal dan digunakan secara luas setelah adanya layanan WWW .

WWW adalah halaman-halaman website yang dapat saling terkoneksi satu dengan lainnya (hyperlink) yang membentuk samudra belantara informasi . WWW berjalan dengan protokol HyperText Transfer Protokol (HTTP). Halaman Web merupakan file teks murni (plain text) yang berisi sintaks-sintaks HTML yang dapat dibuka/dilihat/diterjemahkan dengan Internet Browser . Sintaks HTML mampu memuat konten text, gambar, audio, video dan animasi. Kini internet identik dengan web, karena kepopuleran web sebagai standar interface pada lanyanan-layanan yang ada di internet, dari awalnya sebagai penyedia informasi, ini digunakan juga untuk komunikasi dari email sampai dengan chatting, sampai dengan melakukan transaksi binsin (commerce) (Betha Sidik,Ir, Pemrograman web dengan HTML, Informatika Bandung, 2005) Banyak keuntungan yang diberikan oleh Aplikasi berbasis Web dari pada aplikasi berbasis destop, sehingga aplikasi berbasis web telah diadopsi oleh perusahaan sebagai bagian dari strategi teknologi informasinya, karena beberapa alasan :
  • Akses informasi mudah,
  • Setup server lebih mudah
  • Informasi mudah didistribusikan
  • Bebas platform,
Informasi dapat di sajikan oleh browser web pada sistem operasi mana saja karena adanya standar dokumen berbagai tipe data dapat disajikan


Cara kerja pemrograman web


Sebelum menjelaskan cara kerja pemrograman web, sebaiknya anda mengetahui tentang HTML bahwa HTML bukan bahasa pemrograman tapi adalah markup language (bahasa penandaan yang terdiri dari TAG). HTML hanya mendeskripsikan bahwa bagian tertentu dalam sebuah halaman web adalah isi yang harus ditampilkan oleh browser dengan cara tertentu.

Bagaimana cara kerja pemrograman web? Secara sederhana pemrograman web hanya dilakukan dengan menyisipkan perintah diantara TAG HTML. Misal :
<html>
<head>
<title>Contoh</title>
</head> <body> <?php
</body>
echo date("d/m/Y"); ?>
</html>
Pada saat kita mengakses halaman tersebut, web server langsung merespon apa yang kita minta dengan melakukan proses parsing (membaca isi halaman baris perbaris) dan jika menemukan baris perintah bahasa pemrograman maka web server akan mengeksekusi/menjalankan perintah tersebut dan setelah semua selesai baru akan mengirimkannya ke browser. Contoh diatas web server akan mengirimkan hasil eksekusi baris perintah echo date("d/m/Y") dalam bentuk tanggal dinamis yang diangap sebagai bagian dari HTML yang bersifat statis.

Apa yang dapat dilakukan dengan pemrograman web

  1. Pemrograman web memungkinkan kita dapat membuat halaman web yang dinamis dengan perintah-perintah yang cukup sederhana tapi dapat menghasilkan informasi yang beragam.
  2. Pemrograman web dapat melakukan interaksi sehingga pengguna dapat memperoleh informasi yang sesuai/relevan seperti pencarian, pengiriman data dll.
  3. Pemrograman web dapat dihubungkan dengan berbagai macam basis data/database seperti mysql, oracle, sql server dll

Bahasa pemrograman apa saja yang dapat digunakan untuk pemrograman web

Bisa dikatakan hampir semua bahasa pemrograman dapat digunakan untuk pemrograman web asalkan bahasa pemrograman tersebut bisa bekerja dalam web server dan dapat menciptakan HTML, XHTML, CSS, JavaScript, dan XML. Beberapa bahasa pemrograman web yang populer diantaranya yaitu : PHP, ASP.NET, Ruby on Rails, Perl, ASP classic, Python, danJSP.

HTTP (HyperText Transfer Protocol)
Pengertian HTTP atau definisi HTTP (HyperText Transfer Protocol) adalah sebuah protokol untuk meminta dan menjawab antara client dan server. Sebuh client HTTP seperti web browser, biasanya memulai permintaan dengan membuat hubungan TCP/IP ke port tertentu di tempat yang jauh (biasanya port 80). Sebuah server HTTP yang mendengarkan di port tersebut menunggu client mengirim kode permintaan (request) yang akan meminta halaman yang sudah ditentukan, diikuti dengan pesan MIME yang memiliki beberapa informasi kode kepala yang menjelaskan aspek dari permintaan tersebut, diikut dengan badan dari data tertentu.

HTTP berkomunikasi melalui TCP / IP. Klien HTTP terhubung ke server HTTP menggunakan TCP. Setelah membuat sambungan, klien dapat mengirim pesan permintaan HTTP ke server. HTTP digunakan untuk mengirimkan permintaan dari klien web (browser) ke web server, dikembali kan ke konten web (halaman web) dari server ke klien.

HTTP tidaklah terbatas untuk penggunaan dengan TCP/IP, meskipun HTTP merupakan salah satu protokol aplikasi TCP/IP paling populer melalui Internet. Memang HTTP dapat diimplementasikan di atas protokol yang lain di atas Internet atau di atas jaringan lainnya.

Fungsi dan Cara kerja HTTP

HTTP, Muncul di awal setiap alamat halaman web, HTTP  menetapkan mekanisme standar untuk pertukaran ditingkat-aplikasi pesan antara perangkat di web.  Semua layanan web dijalankan melalui protokol ini.  HTTPS adalah variasi bagian dari HTTP, dimana browser menambahkan lapisan enkripsi

World Wide Web Consortium dan Internet Engineering Task Force, bekerja untuk  pengembangan HTTP. Protokol ini digunakan untuk pengambilan interlink dokumen teks dilayanni oleh web dan untuk mengakses sumber daya melalui web dengan menggunakan uniform resource Locator (URL).

Cara Kerja Protokol menetapkan bagaimana komputer berkomunikasi satu sama lainnya.  Protokol adalah seperangkat aturan dan prosedur yang harus diikuti oleh  komputer  untuk menerima dan mengirimkan pesan.  Protokol yang paling umum digunakan saat ini adalah HTTP, SMTP, FTP, IMAP, POP3, dll

Fungsi HTTP menetapkan bagaimana pesan diformat dan ditransmisikan, dan tindakan apa dari Web server dan browser untuk merespon berbagai perintah.

Apa itu Postman?
Postman, salah satu alat pendukung atau suport untuk para coder, software developer atau programmer untuk melakukan pengetesan terhadap baris-baris kode API yang sedang dibuat. Tools ini di akui banyak coder sangat membantu untuk pengembangan aplikasi yang sudah ada atau memcoba baris code dalam sebuah aplikasi software. Dalam web browser Chrome, google telah menyediakan extensi atau alat pengembang pada Chrome Web Store sehingga lebih mudah untuk user untuk memakai Postman ini. Selain itu, postman juga dapat di akses dan dipakai secara langsung dengan mendownload aplikasinya dari situs resmi getpostman.com

Silahkan menuju ke Chrome Webstore (https://chrome.google.com/webstore) dan cari Postman pada menu pencarian. 
Tampilan Chrome Web Store
Kemudian cari Postman dan klik apabila sudah ada muncul. Dan klik Launch App.

Dan setelah itu kita harus Sign Up terlebih dahulu.

Apabila sudah Sign Up, kita akan masuk ke tampilan awalnya kurang lebih seperti ini.

Selanjutnya kita aktifkan Interceptor dibagian kanan atasnya.

Dan terakhir hubungkan Postman dengan Chrome. Terlebih dahulu buka Google dan lihat pojok kanan atas, kemudian aktifkan Postman Interceptornya. 

Selanjutnya bagaimana cara pakainya. Karena kita baru belajar tentang GET belum tentang POST, akan saya tunjukan bagaimana menggunakannya untuk GET.

1. GET

Disini kita akan mengakses https://www.facebook.com/login/device-based/regular/login/ maka akan diperoleh maka akan diperoleh string HTML. Sekarang coba masukkan url tersebut pada input teks pada Postman dan pastikan yang dipilih adalah GET. Perhatikan gambar di bawah ini.
Kemudian tekan Send, dan akan muncul Body seperti gambar dibawah.
Body

Dengan Cookiesnya seperti ini.
Cookies
Lebih lengkapnya seperti ini.
Dan yang terakhir Headersnya.
Headers
Lebih lengkapnya seperti ini.
access-control-allow-credentials →true
access-control-allow-method →OPTIONS
access-control-allow-origin →https://www.facebook.com
access-control-expose-headers →X-FB-Debug, X-Loader-Length
cache-control →private, no-cache, no-store, must-revalidate
content-encoding →br
content-security-policy →default-src * data: blob:;script-src *.facebook.com *.fbcdn.net *.facebook.net *.google-analytics.com *.virtualearth.net *.google.com 127.0.0.1:* *.spotilocal.com:* 'unsafe-inline' 'unsafe-eval' fbstatic-a.akamaihd.net fbcdn-static-b-a.akamaihd.net *.atlassolutions.com blob: data: 'self';style-src data: blob: 'unsafe-inline' *;connect-src *.facebook.com *.fbcdn.net *.facebook.net *.spotilocal.com:* *.akamaihd.net wss://*.facebook.com:* https://fb.scanandcleanlocal.com:* *.atlassolutions.com attachment.fbsbx.com ws://localhost:* blob: *.cdninstagram.com 'self' chrome-extension://boadgeojelhgndaghljhdicfkmllpafd chrome-extension://dliochdbjfkdbacpmhlcpmleaejidimm;
content-type →text/html; charset=UTF-8
date →Wed, 27 Sep 2017 14:48:16 GMT
expect-ct →max-age=0, report-uri="http://reports.fb.com/expectct/"
expires →Sat, 01 Jan 2000 00:00:00 GMT
pragma →no-cache
public-key-pins-report-only →max-age=600; pin-sha256="WoiWRyIOVNa9ihaBciRSC7XHjliYS9VwUGOIud4PB18="; pin-sha256="k2v657xBsOVe1PQRwOsHsw3bsGT2VzIqz5K+59sNQws="; pin-sha256="gMxWOrX4PMQesK9qFNbYBxjBfjUvlkn/vN1n+L9lE5E="; pin-sha256="q4PO2G2cbkZhZ82+JgmRUyGMoAeozA+BSXVXQWB8XWQ="; report-uri="http://reports.fb.com/hpkp/"
status →200
strict-transport-security →max-age=15552000; preload
vary →Origin, Accept-Encoding
x-content-type-options →nosniff
x-fb-debug →vdmOF4nDIVgFylFWLFIjmIUx/XJP3eSYL0iutjfylhNQHfZPNy8gEBjLlpHjMXXDN6T8kVGLdENGibcxD3SIZg==
x-frame-options →DENY
x-xss-protection →0

2. POST

Dan sekarang saya tunjukan bagaimana menggunakannya untuk POST.
Disini kita akan mengakses https://www.facebook.com/login/device-based/regular/login/ maka akan diperoleh maka akan diperoleh string HTML. Sekarang coba masukkan url tersebut pada input teks pada Postman dan pastikan yang dipilih adalah POST. Perhatikan gambar di bawah ini.
Kemudian tekan Send, dan akan muncul Body seperti gambar dibawah.
Body
Dengan Cookiesnya seperti ini.
Cookies

Lebih lengkapnya seperti ini.
Dan yang terakhir Headersnya.
Headers

Lebih lengkapnya seperti ini.
cache-control →private, no-cache, no-store, must-revalidate
content-encoding →br
content-security-policy →default-src * data: blob:;script-src *.facebook.com *.fbcdn.net *.facebook.net *.google-analytics.com *.virtualearth.net *.google.com 127.0.0.1:* *.spotilocal.com:* 'unsafe-inline' 'unsafe-eval' fbstatic-a.akamaihd.net fbcdn-static-b-a.akamaihd.net *.atlassolutions.com blob: data: 'self';style-src data: blob: 'unsafe-inline' *;connect-src *.facebook.com *.fbcdn.net *.facebook.net *.spotilocal.com:* *.akamaihd.net wss://*.facebook.com:* https://fb.scanandcleanlocal.com:* *.atlassolutions.com attachment.fbsbx.com ws://localhost:* blob: *.cdninstagram.com 'self' chrome-extension://boadgeojelhgndaghljhdicfkmllpafd chrome-extension://dliochdbjfkdbacpmhlcpmleaejidimm;
content-type →text/html; charset=UTF-8
date →Wed, 27 Sep 2017 15:15:29 GMT
expect-ct →max-age=0, report-uri="http://reports.fb.com/expectct/"
expires →Sat, 01 Jan 2000 00:00:00 GMT
pragma →no-cache
public-key-pins-report-only →max-age=600; pin-sha256="WoiWRyIOVNa9ihaBciRSC7XHjliYS9VwUGOIud4PB18="; pin-sha256="k2v657xBsOVe1PQRwOsHsw3bsGT2VzIqz5K+59sNQws="; pin-sha256="gMxWOrX4PMQesK9qFNbYBxjBfjUvlkn/vN1n+L9lE5E="; pin-sha256="q4PO2G2cbkZhZ82+JgmRUyGMoAeozA+BSXVXQWB8XWQ="; report-uri="http://reports.fb.com/hpkp/"
status →200
strict-transport-security →max-age=15552000; preload
vary →Accept-Encoding
x-content-type-options →nosniff
x-fb-debug →A8ogwN3igjEQ+N4pZQAIDN+6MDo67N3evUb0H04wzXQ5jFu6XDW4bLo5+stmjpj+cKlJxIi2fmfIBNgB5jyQQA==
x-frame-options →DENY
x-xss-protection →0

Terimakasih semoga bermanfaat untuk semuanya💜

Sumber:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Dasar Controller Dan View Pada Laravel

1. MVC dan Struktur pada Laravel Laravel merupakan salah satu framework PHP yang sangat berkembang saat ini. Laravel mendukung penuh de...